Ekonomi Lingkungan Bisnis & Entrepreneurship GASAL MM-TELL/PPDT 2021-2022

  • Trainers
  • System Administrator |
  • Dr. Sri Vandayuli Riorini, MM |
  • Nico Lukito, SE, MM |

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

MATA KULIAH: EKONOMI LINGKUNGAN BISNIS

& ENTREPRENEURSHIP (ELBE)

 

Digunakan untuk melengkapi:

Kurikulum Operasional Program Studi

 

PROSES

PENANGGUNG JAWAB

Nama

Jabatan

Tanda tangan

1. Perumusan

 

Koordinator Mata Kuliah

 

2. Pemeriksaan

Dr Wahyuningsih, ME, MPhil

Tim Kurikulum

 

 

3. Persetujuan

 

Dr. Sri Yani Kusumaastuti,SE.M.Si.

Ketua Jaminan Mutu Fakultas

 

4. Penetapan

Prof.Farah Margareta,ME,PhD.

Ketua Program Studi

 

 

5. Pengendalian

 

Sasantyarini, SE, MM

Kepala Urusan Administrasi Program Studi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
 

 

 

 

UNIVERSITAS TRISAKTI

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JURUSAN / PROGRAM STUDI MANAJEMEN

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

NAMA MATA KULIAH

KODE MK

Jenis MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Ekonomi Lingkungan Bisnis & Entrepreneurship.

XMD – 604

Matakuliah Wajib

3

1

03 Januari 2021

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI (Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi)

S1

Memiliki sikap mandiri dan mampu bekerjasama dalam tim lintas fungsi dan budaya serta berjiwa kewirausahaan dalam mengelola bisnis secara etis.

S2

Menunjukkan sikap bertanggung jawab dan memiliki kepedulian terhadap aspek lingkungan dan social.

P1

Menguasai konsep teoritis dan perspektif kewirausahaan dalam ekonomi, bisnis nasional dan internasional.

P2

Mampu menganalisis jiwa kewirausahaan, peluang dan tantangan dan perencanaan dalam berbagai isu bisnis, baik lingkup nasional maupun internasional.

KU2

Mampu menyelesaikan permasalahan kewirausahaan dan bisnis dan mengambil keputusan dengan baik berdasarkan analisis data dan informasi yang relevan.

KK1

Mampu membuat perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian sumberdaya dan kapabilitas organisasi dengan baik.

CPMK (Capaian Pembelajaran Lulusan Yang Dibebankan Pada Mata Kuliah)

CPMK1

Memiliki penguasaan konsep teoritis dasar kewirausahaan yang berguna dalam perencanaan dan pengelolaan bisnis (P1)

CPMK2

Memiliki kemampuan dalam menganalisis Kekuatan, Kelemahan, peluang dan tantangan dalam lingkungan, merencanakan dan memilih alternatif strategi

dalam bisnis (P2)

CPMK3

Memiliki kemampuan dasar dalam mengimplementasikan rencana strategi dalam kegiatan lintas fungsi organisasi.

CPMK4

Memiliki kemampuan dasar mengevaluasi strategi untuk perbaikan dan pengembangan yang berkelanjutan.

CPMK5

Mampu menyusun makalah perencanaan bisnis sederhana yang dikerjakan secara berkelompok dengan baik.

CPMK6

Mampu mempresentasikan makalah perencanaan bisnis sederhana yang dikerjakan secara berkelompok dengan efektif (KK1).

               

 

 

Diskripsi Singkat MK

Mata Kuliah Ekonomi Lingkungan Bisnis & Entrepreneurship merupakan mata kuliah yang komprehensif karena pembahasannya mencakup berbagai aspek konsep teoritis dasar kewirausahaan yang berguna dalam perencanaan dan pengelolaan bisnis dan perkembangan perekonomian saat ini dan yang akan datang, dengan mengedepandakan soft skill jiwa entrepreneurship. Mata kuliah ini juga memberikan pemahaman dasar mengenai entrepreneurship, definisi dari beberapa ahli yang terkait dalam mata kuliah entrepreneurship, serta memberikan pemahaman mengenai proses pelaksanaan entrepreneurship, peran seorang entrepreneur dalam perekonomian suatu negara, tipe-tipe dari entrepreneur serta bagaimana caranya seorang entrepreneur dalam mengidentifikasikan peluang-peluang yang ada di pasar. Seorang calon wirausaha harus memiliki kemampuan dalam menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan dalam lingkungan, merencanakan dan memilih alternatif strategi dalam bisnis. Memiliki kemampuan dasar dalam membuat makalah perencanaan bisnis (business plan). Menyusun dan mempresentasikan paper perencanaan bisnis sederhana yang dikerjakan secara berkelompok dengan efektif. Selain itu diharapkan mampu mengimplementasikan rencana bisnis dalam lingkungan nasional dan internasional berdasarkan isu-isu penting dalam perencanaan dan pengembangan bisnis, termasuk isu etika, tanggung jawab sosial dan keberlanjutan.

memberikan siswa pengetahuan dasar tentang bagaimana lingkungan bisnis domestik dan internasional beroperasi dalam pendekatan yang sistematis dan logis. Lingkungan Bisnis membawa pembaca melalui konteks, jenis organisasi dan pasar, menangani masalah kontemporer dalam struktur sosial ekonomi, politik dan hukum. · Penjelasan yang jelas tentang ilmu ekonomi seperti mengapa harga barang yang kita beli bisa naik atau turun, atau mengapa pada waktu tertentu mungkin lebih sulit atau lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. · Menerapkan teori ke dalam praktik dengan banyak studi kasus dari beragam organisasi lokal dan internasional seperti Facebook, GSK dan JCB membangun ke dalam studi kasus bagian Bisnis Internasional dalam Tindakan yang lebih rinci yang menyediakan data kehidupan nyata untuk dianalisis, mis. Pelonggaran Kuantitatif dan krisis keuangan global.

Bahan Kajian / Pokok Bahasan


1 Business organisations: the external environment.
2 Business organisations: the internal environment.
3 The global context of business.
4 The political environment.
5 The macroeconomic environment.
6 The demographic, social and cultural context of business.
7 The resource context: people, technology and natural resources.
8 The legal environment.
9 The ethical and ecological environment.
10 Legal structures.
11 Size structure of firms.
12 Industrial structure.
13 Government and business.
14 The market system.
15 Market structure.
16 International markets and trade.
17 Governments and markets.
18 Strategy and the changing environment.

 

 

Referensi

Utama

 

 

1. Ian Worthington, Chris Britton, Dr Ed Thompson, The Business Environment: A Global Perspective, 8th Edition Pearson, 2019.

 

Buku Pendukung

 

1. Robert D.Hisrich and Michael P.Peters, “Entrepreneurship”, 10th Editions, International Editions, McGraw-Hill, 2017.

2. Bruce R.Barringer and R. Duane Ireland, “Entrepreneurship” Successfully Launching New Ventures, 5th Editions, Global Editions, Pearson, 2016.

  1. Norman M. Scarborough & Jeffrey R. Cornwall. “Entrepreneurship and effective small business management” 11th Editions, Global Editions, Pearson, 2015.
  2. Artikel jurnal/majalah.Studi Kasus.

 

Media Pembelajaran

Perangkat lunak:

Perangkat keras :

Power Point, Febiola, Zoom, PPDT.

Whiteboard, Notebook & LCD Projector

       

Nama Dosen Pengampu

1. Dr.Deddie S.Martadisastra.

2. Nico Lukito,SE.MM.

Mata Kuliah Prasyarat

 

Evaluasi dan Penilaian

Ujian Tengah Semester (UTS) : 25% Ujian Akhir Semester (UAS) : 30%

Quiz (2kali) & Tugas (PR): 15%

Paper & Presentasi : 20%

Partisipasi : 10%

:

 

Minggu Ke

Sub CPMK

(Kemampuan Akhir yang Direncanakan)

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

Bentuk dan Metoda Pembelajaran

Estimasi Waktu

Pengalaman Belajar/Tugas Mahasiswa

Kriteria dan Bentuk Penilaian

Indikator

Penilaian

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

1.

Mahasiswa mampu menjelaskan hal-hal penting
Organisasi bisnis: lingkungan eksternal dan lingkungan internal.

  1. Kontrak kuliah sesuai silabus.
  2. Introduksi tentang tugas paper Ekonomi Lingkungan Bisnis Dan Entrepreneurship secara kelompok yang akan dipresentasikan pada pertemuan ke-9 serta menentukan anggota kelompok (2-3 mhsw.)
  3. Organisasi bisnis dan lingkungannya. Lingkungan umum atau kontekstual. Lingkungan langsung atau operasional. Menganalisis lingkungan bisnis.
  4. Organisasi bisnis: lingkungan internal. Pendekatan teoritis lainnya. Struktur organisasi. Organisasi virtual. Perubahan struktural. Aspek manajemen fungsional.

Bahan ajar:

1. Worthington, Britton, Thompson: Ch.1, 2.

· Kuliah interaktif.

· Collaborative learning (CbL).

TM: 3x(50”)

BT: 3x(60”)

BM: 3x(60”)

· Membaca kasus mengenai organisasi bisnis.

· Meringkas secara lisan (random).

· Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab.

Kriteria: Rubrik penilaian tugas.

 

Bentuk non- test:

· Rangkuman materi singkat secara lisan.

· Partisipasi.

a. Ketepatan menjelaskan organisasi bisnis:lingkungan eksternal.

b. Ketepatan menjelaskan organisasi bisnis:lingkungan eksternal.

1.5%

 

 

Minggu Ke

Sub CPMK

(Kemampuan Akhir yang Direncanakan)

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

Bentuk dan Metoda Pembelajaran

Estimasi Waktu

Pengalaman Belajar/

Tugas Mahasiswa

Kriteria dan Bentuk Penilaian

Indikator Penilaian

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

2.

Mahasiswa mampu memahami hal-hal penting konteks bisnis global.

 

 

  1. Globalisasi versus internasionalisasi.
  2. Peran perusahaan multinasional
  3. Globalisasi dan bisnis.
  4. Globalisasi dan perusahaan kecil dan menengah

 

 

 

 

 

 

Bahan ajar:

1. Worthington, Britton, Thompson: Ch.3.

 

 

· Kuliah interaktif.

· Collaborative learning (CbL).

· Studi kasus sederhana.

TM: 3x(50”)

BT: 3x(60”)

BM: 3x(60”)

· Membaca kasus bisnis global.

· Meringkas secara lisan (random)

· Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab

Kriteria: Rubrik penilaian tugas.

 

Bentuk non- test:

· Rangkuman materi singkat secara lisan.

· Partisipasi.

  1. Ketepatan menjelaskan globalisasi versus internasionalisasi.
  2. Ketepatan menjelaskan globalisasi dan perusahaan kecil dan menengah.

2%

 

 

 

Minggu

Ke

Sub CPMK

(Kemampuan Akhir yang Direncanakan)

 

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

 

Bentuk dan Metoda Pembelajaran

 

Estimasi Waktu

 

Pengalaman Belajar/Tugas Mahasiswa

 

Kriteria dan Bentuk Penilaian

 

Indikator Penilaian

 

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

3.

Mahasiswa mampu memahami hal-hal penting lingkungan politik.

  1. Sistem politik.
  2. Pemerintahan di negara demokratis
  3. Ketiga cabang atau fungsi pemerintahan.
  4. Pemeriksaan dan keseimbangan dalam demokrasi.
  5. Model proses kebijakan

 

Bahan ajar:

1. Worthington, Britton, Thompson: Ch.4.

 

 

· Kuliah interaktif

· Collaborative learning (CbL).

· Studi kasus sederhana

TM: 3x(50”)

BT: 3x(60”)

BM: 3x(60”)

· Membaca kasus sistem politik.

· Meringkas secara lisan (random)

· Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab

Kriteria: Rubrik penilaian tugas

 

Bentuk non- test:

· Rangkuman materi singkat secara lisan.

· Partisipasi.

  1. Ketepatan menjelaskan sistem politik, pemerintahan di negara demokratis.
  2. Ketepatan menjelaskan model proses kebijakan.

 

 

 

2%

 

 

 

Minggu Ke

Sub CPMK

(Kemampuan Akhir yang Direncanakan)

 

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

 

Bentuk dan Metoda Pembelajaran

 

Estimasi Waktu

 

Pengalaman Belajar/Tugas Mahasiswa

 

Kriteria dan Bentuk Penilaian

 

Indikator Penilaian

 

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

4.

Mahasiswa mampu memahami hal-hal penting lingkungan makroekonomi.

 

a. Lingkungan makroekonomi

b. Sistem ekonomi

c. Ekonomi dalam transisi.

d. Sintesis politik-ekonomi

e. Makroekonomi

f. Pemerintah dan makroekonomi: tujuan.

g. Pemerintah dan ekonomi makro: kebijakan.

h. Peran lembaga keuangan

i. Lembaga dan organisasi ekonomi internasional

 

Bahan ajar:

1. Worthington, Britton, Thompson: Ch.5.

· Kuliah interaktif

· Collaborative learning (CbL)

· Studi kasus sederhana

TM: 3x(50”)

BT: 3x(60”)

BM: 3x(60”)

· Membaca kasus lingkungan makroekonomi

· Menentukan rencana bisnis untuk tugas akhir

· Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab.

Kriteria: Rubrik penilaian tugas

 

Bentuk non- test:

· Tulisan makalah singkat

· Partisipasi

  1. Ketepatan menjelaskan lingkungan makroekonomi, system ekonomi,ekonomi dalam transisi.
  2. Ketepatan menjelaskan pemerintah dan ekonomi makro, peran lembaga keuangan, lembaga dan organisasi ekonomi internasional.

 

2%

 

 

 

Minggu Ke

Sub CPMK

(Kemampuan Akhir yang Direncanakan)

 

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

 

Bentuk dan Metoda Pembelajaran

 

Estimasi Waktu

Pengalaman Belajar/Tugas Mahasiswa

 

Kriteria dan Bentuk Penilaian

 

Indikator Penilaian

 

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

5.

Mahasiswa mampu memahami hal-hal penting konteks demografis, social dan budaya bisnis, konteks sumber daya: manusia, teknologi dan sumber daya alam.

  1. Lingkungan demografis bisnis.
  2. Konteks social.
  3. Gaya Hidup.
  4. Lingkungan budaya.
  5. Orang.
  6. Teknologi
  7. Sumber daya alam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bahan ajar:

1. Worthington, Britton, Thompson: Ch.6,7.

· Kuliah interaktif

· Collaborative learning (CbL)

· Studi kasus sederhana

TM: 3x(50”)

BT: 3x(60”)

BM: 3x(60”)

· Membaca artikel mengenai demografis, social, budaya.

· Membaca artikel mengenai sumber daya manusia, teknologi dan sumber daya alam.

· Meringkas secara lisan (random)

· Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab

Kriteria:

Rubrik penilaian tugas

 

Bentuk non- test:

· Rangkuman materi singkat secara lisan.

· Partisipasi.

 

a. Ketepatan meanganalisis demografis, social dan budaya bisnis.

b.Ketepatan menganalisis sumber daya manusia, teknologi dan sumber daya alam.

2%

 

 

 

Minggu Ke

Sub CPMK

(Kemampuan Akhir yang Direncanakan)

 

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

 

Bentuk dan Metoda Pembelajaran

 

Estimasi Waktu

 

Pengalaman Belajar/Tugas Mahasiswa

 

Kriteria dan Bentuk Penilaian

 

Indikator Penilaian

 

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

6.

Mahasiswa mampu memahami hal-hal penting lingkungan hukum dan lingkungan etis dan ekologis.

 

 

  1. Klasifikasi hukum.
  2. Sumber hukum.
  3. Sistem hukum: pengadilan.
  4. Organisasi bisnis dan hukum.
  5. Hukum kontrak: hal-hal penting.
  6. Badan.
  7. Hukum dan konsumen.
  8. Kode Praktik.
  9. Etika dan bisnis.
  10. Tanggung jawab sosial perusahaan.
  11. 'Lingkungan' sebagai masalah bisnis: munculnya lingkungan hidup perusahaan.
  12. Pendorong bisnis 'hijau' .

 

 

Bahan ajar:

1. Worthington, Britton, Thompson: Ch.8,9.

· Kuliah interaktif

· Collaborative learning (CbL)

· Studi kasus sederhana

 

TM: 3x(50”)

BT: 3x(60”)

BM: 3x(60”)

· Membaca artikel mnegenai hukum, organisasi, etika, tanggung jawab social.

· Meringkas secara lisan (random)

· Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab

Kriteria: Rubrik penilaian tugas

 

· Bentuk non- test:

· Rangkuman materi singkat secara lisan.

· Partisipasi

  1. Ketepatan menjelaskan klasifikasi hukum, badan, hukum dan konsumen.
  2. Ketepatan menjelaskan etika dan bisnis, tanggung jawab social perusahaan.

 

 

2%

 

 

 

Minggu Ke

Sub CPMK

(Kemampuan Akhir yang Direncanakan)

 

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

 

Bentuk dan Metoda Pembelajaran

 

Estimasi Waktu

 

Pengalaman Belajar/Tugas Mahasiswa

 

Kriteria dan Bentuk Penilaian

 

Indikator Penilaian

 

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

7.

Mahasiswa mampu memahami hal-hal penting tentang struktur hukum.

a. Organisasi sektor swasta di Inggris.

b. Usaha social.

c. Organisasi bisnis sektor publik di Inggris.

d. Organisasi bisnis di daratan Eropa.

e. Sektor publik di daratan Eropa.

f. Struktur hukum: beberapa implikasi.

g. Waralaba, perizinan dan usaha patungan.

 

 

 

 

 

 

 

Bahan ajar:

  1. Worthington, Britton, Thompson: Ch.10.

 

 

 

· Kuliah interaktif

· Collaborative learning (CbL)

· Studi kasus sederhana

 

TM: 3x(50”)

BT: 3x(60”)

BM: 3x(60”)

· Membaca artikel mengenai struktur hukum dan waralaba.

· Meringkas secara lisan (random)

· Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab.

Kriteria: Rubrik penilaian tugas

 

Bentuk non- test:

· Rangkuman materi singkat secara lisan.

· Partisipasi

  1. Ketepatan menjelaskan organisasi sector swasta, usaha social.
  2. Ketapatan menjelaskan waralaba dan perizinan usaha patiungan.

 

2%

 

 

Minggu Ke

Sub CPMK

(Kemampuan Akhir yang Direncanakan)

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

Bentuk dan Metoda Pembelajaran

Estimasi Waktu

Pengalaman Belajar/Tugas Mahasiswa

Kriteria dan Bentuk Penilaian

Indikator Penilaian

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

 

8

 

Ujian Tengah Semester (UTS)

 

 

 

 

Ujian Sumatif

 

 

 

UTS : 25 %

 

 

Minggu Ke

Sub CPMK

(Kemampuan Akhir yang Direncanakan)

 

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

 

Bentuk dan Metoda Pembelajaran

 

Estimasi Waktu

 

Pengalaman Belajar/Tugas Mahasiswa

 

Kriteria dan Bentuk Penilaian

 

Indikator Penilaian

 

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

9.

Mahasiswa mampu memahami hal-hal penting tentang struktur ukuran perusahaan dan struktur industry.

  1. Struktur ukuran industri Inggris.
  2. Pertumbuhan organisasi.
  3. Metode pertumbuhan.
  4. Keuangan untuk pertumbuhan.
  5. Perusahaan kecil.
  6. Perusahaan Multinasional.
  7. Struktur industry.
  8. Deindustrialisasi.

 

 

 

 

 

Bahan ajar:

 

Worthington, Britton, Thompson: Ch.11,12.

 

 

· Kuliah interaktif

· Collaborative learning (CbL)

· Studi kasus sederhana

 

TM: 3x(50”)

BT: 3x(60”)

BM: 3x(60”)

· Membaca artikel mengenai struktur ukuran industry inggris, pertumbuhan organisasi.

· Meringkas secara lisan (random)

· Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab.

 

 

Kriteria: Rubrik penilaian tugas

 

Bentuk non- test:

· Rangkuman materi singkat secara lisan.

· Partisipasi.

  1. Ketepatan menjelaskan struktur ukuran industry di inggris, pertumbuhan oragnsisasi
  2. Ketepatan menjelaskan struktur industry, diindutrialisasi.

 

2%

 

 

 

Minggu Ke

Sub CPMK

(Kemampuan Akhir yang Direncanakan)

 

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

 

Bentuk dan Metoda Pembelajaran

 

Estimasi Waktu

 

Pengalaman Belajar/Tugas Mahasiswa

 

Kriteria dan Bentuk Penilaian

 

Indikator Penilaian

 

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

10.

Mahasiswa mampu memahami hal-hal penting tentang pemerintah dan bisnis

 

  1. Pemerintah dan bisnis: gambaran umum.
  2. Kebijakan daerah.

 

 

 

Bahan ajar:

Worthington, Britton, Thompson: Ch.13.

 

· Kuliah interaktif

· Collaborative learning (CbL)

· Studi kasus sederhana

TM: 3x(50”)

BT: 3x(60”)

BM: 3x(60”)

· Membaca artikel mengenai system pemerintahan dan bisnis,

· Meringkas secara lisan (random)

· Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab

Kriteria: Rubrik penilaian tugas

 

Bentuk non- test:

· Rangkuman materi singkat secara lisan.

· Partisipasi

 

  1. Ketepatan menjelaskan pemerintah dan bisnis
  2. Ketepatan menjelaskan kebijakan-kebijakan daerah

2%

 

 

 

Minggu Ke

Sub CPMK

(Kemampuan Akhir yang Direncanakan)

 

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

 

Bentuk dan Metoda Pembelajaran

 

Estimasi Waktu

 

Pengalaman Belajar/Tugas Mahasiswa

 

Kriteria dan Bentuk Penilaian

 

Indikator Penilaian

 

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

11.

Mahasiswa mampu memahami hal-hal penting tentang sistem pasar dan struktur pasar.

 

a. Mekanisme pasar.

b. Permintaan.

c. Pasokan.

d. Pergeseran permintaan dan penawaran.

e. Kontrol harga.

f. Elastisitas permintaan.

g. Elastisitas pasokan.

h. Pentingnya pasar untuk bisnis.

i. Struktur pasar - dalam teori dan praktek.

j. Model lima kekuatan Porter.

k. Mengukur tingkat persaingan sebenarnya di pasar.

 

 

 

Bahan ajar:

 

Worthington, Britton, Thompson: Ch.14,15.

 

 

· Kuliah interaktif

· Collaborative learning (CbL)

· Studi kasus sederhana

TM: 3x(50”)

BT: 3x(60”)

BM: 3x(60”)

· Membaca artikel mengenai system pasar dan strukutur pasar.

· Meringkas secara lisan (random)

· Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab

Kriteria: Rubrik penilaian tugas

 

Bentuk non- test:

· Rangkuman materi singkat secara lisan.

· Partisipasi

 

 

  1. Ketepatan menjelaskan mekanisme pasar, permintaan, pasokan, pergeseran permintaan dan penawaran, elastisitas permintaan dan pasokan.
  2. Ketepatan menjelaskan struktur pasar, model kekuatan dari Porter.

2%

 

 

 

Minggu Ke

Sub CPMK

(Kemampuan Akhir yang Direncanakan)

 

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

 

Bentuk dan Metoda Pembelajaran

 

Estimasi Waktu

 

Pengalaman Belajar/Tugas Mahasiswa

 

Kriteria dan Bentuk Penilaian

 

Indikator Penilaian

 

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

12.

Mahasiswa mampu memahami hal-hal penting tentang pasar dan perdagangan internasional.

a. Perdagangan internasional - mengapa hal itu terjadi.

b. Pembatasan perdagangan internasional.

c. Neraca pembayaran.

d. Sejarah neraca pembayaran di Inggris.

e. Nilai tukar.

f. Mata uang tunggal Eropa.

g. Nilai tukar dan bisnis.

 

 

 

 

 

Bahan ajar:

 

Worthington, Britton, Thompson: Ch.16.

 

 

 

· Kuliah interaktif

· Collaborative learning (CbL)

· Studi kasus sederhana

TM: 3x(50”)

BT: 3x(60”)

BM: 3x(60”)

· Membaca kasus mengenai perdagangan internasional.

· Meringkas secara lisan (random)

Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab

Kriteria: Rubrik penilaian tugas

 

Bentuk non- test:

· Rangkuman materi singkat secara lisan.

· Partisipasi

 

 

  1. Ketepatan menjelaskan perdagangan internasional.
  2. Ketepatan menjelaskan neraca pembayaran, nilai tukar.

2%

 

 

 

Minggu Ke

Sub CPMK

(Kemampuan Akhir yang Direncanakan)

 

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

 

Bentuk dan Metoda Pembelajaran

 

Estimasi Waktu

 

Pengalaman Belajar/Tugas Mahasiswa

 

Kriteria dan Bentuk Penilaian

 

Indikator Penilaian

 

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

13.

Mahasiswa mampu memahami hal-hal penting tentang pemerintah dan pasar.

  1. Kebijakan privatisasi.
  2. Kebijakan persaingan.
  3. Pemerintah dan pasar tenaga kerja.

 

 

 

 

 

Bahan ajar:

 

Worthington, Britton, Thompson: Ch.17.

 

 

 

 

· Kuliah interaktif

· Collaborative learning (CbL)

· Studi kasus sederhana

 

TM: 3x(50”)

BT: 3x(60”)

BM: 3x(60”)

· Membaca artikel mengenai pemerintah dan pasar.

· Meringkas secara lisan (random)

· Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab

Kriteri: Rubrik penilaian tugas

 

Bentuk non- test:

· Rangkuman materi singkat secara lisan.

· Partisipasi

 

 

  1. Ketepatan menjelaskan kebijakan privatisasi.
  2. Ketepatan menjelaskan kebijakan persaingan, pemerintah dan pasar tenaga kerja.

2%

 

 

Minggu Ke

Sub CPMK

(Kemampuan Akhir yang Direncanakan)

 

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

 

Bentuk dan Metoda Pembelajaran

 

Estimasi Waktu

 

Pengalaman Belajar/Tugas Mahasiswa

 

Kriteria dan Bentuk Penilaian

 

Indikator Penilaian

 

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

14.

Mahasiswa mampu memahami hal-hal penting tentang strategi lingkungan yang berubah.

a.Kebutuhan untuk memantau perubahan lingkungan.

b.Menganalisis lingkungan bisnis: pendekatan luas.

c.Teknik.

d. Batasan untuk analisis lingkungan.

e. Sumber informasi.

 

 

Bahan ajar:

 

Worthington, Britton, Thompson: Ch.18.

 

· Kuliah interaktif

· Collaborative learning (CbL)

· Studi kasus sederhana

 

TM: 3x(50”)

BT: 3x(60”)

BM: 3x(60”)

· Membaca kasus mengenai lingkungan yang berubah.

· Meringkas secara lisan (random).

· Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab

Kriteri: Rubrik penilaian tugas

 

Bentuk non- test:

· Tulisan makalah kelompok

· Presentasi

  1. Ketepatan menjelaskan mengenai perubahan lingkungan, menganalisis lingkungan bisnis,

 

  1. Ketepatan dalam menjelaskan batasan untuk analisis lingkungan, sumber informasi.

2%

 

 

 

 

Minggu Ke

Sub CPMK

(Kemampuan Akhir yang Direncanakan)

 

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

 

Bentuk dan Metoda Pembelajaran

 

Estimasi Waktu

 

Pengalaman Belajar/Tugas Mahasiswa

 

Kriteria dan Bentuk Penilaian

 

Indikator Penilaian

 

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

15.

Presentasi paper Perencanaan Bisnis

Presentasi yang memuat:

  1. Ringkasan Eksekutif
  2. Analisa lingkungan dan industry.
  3. Deskripsi bisnis.
  4. Rencana pemasaran.
  5. Rencana organisasi.
  6. Rencana financial.
  7. Penilaian resiko.

· Presentasi kelompok.

TM: 3x(50”)

BT: 3x(60”)

BM: 3x(60”)

Partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab

Kriteri: Rubrik penilaian tugas

 

Bentuk non- test:

· Tulisan makalah kelompok

· Presentasi

  1. Struktur dan konten paper kelompok.
  2. Ketepatan menjelaskan komponen rencana bisnis dan prediksi diimplementasikan rencana bisnis
  3. Penampilan presentas
  4. Sistematikan dan penggunaan alat dalam presentasi.

 

 

 

Paper dan presentasi: 20%

 

 

 

Minggu Ke

Sub CPMK

(Kemampuan Akhir yang Direncanakan)

Bahan Kajian (Materi Pembelajaran)

Bentuk dan Metoda Pembelajaran

Estimasi Waktu

Pengalaman Belajar/Tugas Mahasiswa

Kriteria dan Bentuk Penilaian

Indikator Penilaian

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

 

16

 

Ujian Akhir Semester (UAS)

 

Komprehensif

 

 

 

Ujian Sumatif

 

 

 

UAS : 30 %

 

 

 

 

 

 

 

 

Catatan:

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Kriteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator- indikator yang telah ditetapkan. Kriteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kriteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  6. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.

Course Information

Coaches

System Administrator

System Administrator

Dr. Sri Vandayuli Riorini, MM

Dr. Sri Vandayuli Riorini, MM

Nico Lukito, SE, MM

Nico Lukito, SE, MM